kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
ADV

#1 Indonesia Retirement Outlook (IRO) 2018


Selasa, 09 Oktober 2018 / 15:35 WIB

#1 Indonesia Retirement Outlook (IRO) 2018
ILUSTRASI. kontan seremonia online

Indonesia Retirement Outlook (IRO) Seminar 2018 bertajuk "Revitalisasi Program Pensiun sebagai Indikator Kemajuan Negara dan Alternatif Pendanaan Jangka Panjang (Tinjauan Politik dan Ekonomi)" akan digelar pada Rabu Kamis, 24-25 Oktober 2018 Pukul 09.00 - 17.00 WIB di Hotel Bidakara. Yuk Siapkan Pensiun, itulah spirit yang harus melekat di kalangan pekerja dan pemberi kerja Indonesia.

Inilah seminar internasional "program pensiun" untuk kali pertama yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia. Tujuan IRO 2018 adalah menghasilkan lansekap dan strategi program pensiun di Indonesia, di samping memberikan rekomendasi skema akan pentingnya merencanakan masa pensiun bagi setiap orang, setiap pekerja

Didukung oleh ADPI (Asosiasi Dana Pensiun Indonesia) dan PDPLK (Perkumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang difasilitasi oleh DSS Consulting, IRO 2018 akan dihadiri 400 peserta yang terdiri dari praktisi, pemerhati, dan professional di bidang dana pensiun, termasuk asuransi jiwa, aset manajemen, bank, dan sekuritas.

Masa pensiun dan hari tua adalah sebuah keadaan, bukan waktu ataupun tempat. Maka perlu dilakukan revitalisasi program pensiun sebagai indikator kemajuan negara dan alternatif pendanaan jangka panjang.

Mengapa IRO 2018?

UU No. 11/19912 tentang Dana Pensiun telah melebihi seperempat abad. Untuk itu, diperlukan perbaikan dan insentif yang lebih berorientasi ke era masa kini atau milenial. Agar program pensiun bisa lebih menarik dan asyik tapi tetap bermanfaat.

Tingkat inklusi keuangan dana pensiun di Indonesia tergolong masih sangat rendah, hanya 4,6% (OJK, Des 2016) dari sekitar 50 juta pekerja formal dan 70 juta pekerja informal di Indonesia. Konsekuensinya, sebagian besar pekerja di Indonesia berpotensi mengalami masalah keuangan di masa pensiun dan tidak mampu mempertahankan gaya hidupnya di hari tua.

Hasil riset membuktikan 70% orang Indonesia mengalami masalah keuangan di masa pensiun. Sementara usia harapan hidup diprediksi berada di usia 75 tahun pada tahun 2020. Lalu, bagaimana kualitas hidup orang Indonesia  di masa pensiun?

Bonus demografi Indonesia akan terjadi pada periode 2020-2030 bisa jadi musibah, bukan berkah. Bonus demografi harus diikuti oleh pendanaan masa pensiun yang konsisten. Rasio ketergantungan rendah dan penduduk usia produktif tinggi harus diimbangi dengan "kemauan kuat" untuk menabung saat bekerja untuk kesejahteraan di masa pensiun.

Industri dana pensiun di Indonesia harus dicarikan solusi agar tetap kompetitif dan mampu memenuhi harapan pekerja di Indoensia. Upaya mengoptimalkan iklim regulasi dan keleluasaan pelaku industri Dana Pensiun saat ini patut menjadi perhatian bersama, seluruh pemangku kepentingan.

Hanya untuk Anda, #1 INDONESIA RETIREMENT OUTLOOK (IRO) SEMINAR, 24-25 Okt 2018 di Hotel Bidakara Jakarta. #IRO2018 #YukSiapkanPensiun 

Kunjungi dan registrasi IRO 2018 di: http://iroseminar.id/ atau Telp. 021-5275186


Reporter: Sponsored
Editor: Tony Ardianto

Tag

Close [X]
×