kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.945
  • EMAS704.000 -1,40%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%
ADV

3 Alternatif Investasi Jangka Pendek Yang Bisa Kamu Coba


Senin, 24 Juni 2019 / 06:00 WIB

3 Alternatif Investasi Jangka Pendek Yang Bisa Kamu Coba

Investasi merupakan hal yang harus kamu mulai sedini mungkin baik itu Investasi Jangka Pendek atau pun investasi jangka panjang. Bagi yang belum memahami investasi, investasi dilihat sebagai hal yang sulit untuk dilakukan karena biasanya investasi dianggap sebagai hal yang tidak pasti dan membutuhkan proses yang panjang.

Padahal sebaliknya, jika kamu sudah memahami apa itu investasi, kenapa kita harus berinvestasi dan jenis investasi yang cocok untuk kamu maka kamu pasti akan langsung mencoba investasi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mereka yang baru dan ingin belajar investasi ini pastinya masih takut dengan panjangnya periode investasi yang biasanya ditetapkan. Untuk itu kamu yang baru ingin mengenal dunia investasi lebih dalam, mulai dulu dari investasi-investasi yang tidak membutuhkan waktu lama dan waktunya kurang dari satu tahun.

Investasi yang seperti ini sangat cocok untuk kamu sebagai pemula yang membutuhkan pelajaran ataupun pengalaman untuk mengenal lebih dalam mengenai investasi.

Sebelum berinvestasi, mungkin kamu sudah mengenal yang namanya Tabungan yang berbeda dari Investasi. Berikut karakteristik singkat dari tabungan agar dapat dibandingkan dengan investasi.

  • Tabungan

Berbicara mengenai investasi tentunya tidak akan bisa terlepas dari tabungan. Siapapun bisa melakukan investasi ini mulai dari dewasa ataupun yang masih remaja. Selain kemudahannya dengan produk tabungan bank ini juga bisa kamu tarik kapanpun melalui ATM.

Namun, dari segi keuntungan persentase bunganya sangat kecil. Untungnya menggunakan tabungan, kamu tidak memiliki kewajiban untuk menyetorkan dana pada setiap waktunya. Jadi jika kamu sudah membuka tabungan kamu bebas mengisi saldo rekening kapanpun sesuai dengan keinginan kamu. Tabungan cocok untuk pergerakan uang yang cepat, seperti untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak cocok untuk jangka panjang.

Tabungan bukan bentuk investasi karena keuntungan yang sangat kecil dan berpotensi tergerus inflasi. Investasi seharusnya dapat melawan efek inflasi.

Sekarang Kita bahas yuk 3 jenis investasi jangka pendek yang cocok untuk pemula.

  • Deposito

Deposito adalah suatu produk yang biasa dimiliki oleh suatu perbankan yang tujuannya untuk membantu para nasabah untuk menyimpan dananya dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan beberapa ketentuan. Deposito juga bisa dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati oleh nasabah dan perbankan, seperti 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan sampai 12 bulan. Jika kamu mencairkan sebelum jatuh tempo maka ada risiko terkena penalti atau denda yang harus kamu bayarkan.

Untuk memulainya, deposito membutuhkan dana minimal Rp. 5 juta dengan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Suku bunga deposito sendiri berada di angka 4-8%. Semakin lama jangka waktu yang dipilih, bunga yang diberikan juga akan semakin besar. Deposito lebih aman karena tidak memiliki risiko kerugian. Kemungkinan terburuknya hanya bunga yang bisa menurun atau lebih rendah dibandingkan tingkat inflasi.

  • Reksa Dana

Reksa Dana merupakan investasi jangka pendek yang bisa dicoba karena bisa ditarik kapan saja. Jenisnya pun bermacam-macam dari mulai Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, sampai Reksa Dana Saham. Mungkin Reksa Dana Saham yang sifatnya agak lebih panjang karena melihat potensi perkembangan jangka panjang dari perusahaan yang sahamnya kita beli.

Reksa Dana juga mudah karena sudah dikelola oleh Manajer Investasi, sehingga kita tidak perlu terlalu pusing dalam mengelola dan menganalisa perkembangan dana kita. Dana memulai pun cukup dari 100 ribu saja, sehingga terjangkau bagi semua kalangan. Tergantung tipe Reksa Dana-nya, imbal hasil yang bisa didapat rata-rata berkisar antara 8% - 30% per tahun

  • Peer-to-Peer (P2P) Lending

Dibandingkan dua poin diatas sebelumnya P2P Lending ini tergolong lebih baru. Walaupun terbilang baru, P2P Lending ini semakin diminati oleh masyarakat, terlihat dari pertumbuhan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Untuk memulai investasi jangka pendek, P2P Lending bisa menjadi pilihan terbaik, karena alternatif investasi ini dapat memberikan kemudahan, keamanan dan keuntungan.

Untuk mencoba P2P Lending, bisa mulai di Akseleran. Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun. Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode KONTAN2019.

Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email team@akseleran.com.

Selamat Berinvestasi!


Reporter: Sponsored
Editor: Evelyne Lee

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0569 || diagnostic_web = 0.2308

Close [X]
×