kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Tips Praktis Mempersiapkan Perjalanan Kerja


Jumat, 27 Juli 2018 / 11:58 WIB
5 Tips Praktis Mempersiapkan Perjalanan Kerja

Reporter: Sponsored | Editor: Indah Sulistyorini

Kepraktisan menjadi hal yang wajib Anda terapkan saat ingin melakukan perjalanan kerja ke luar kota atau negeri. Pekerjaan yang menumpuk, jadwal yang padat, dan keharusan untuk bertemu dengan banyak orang saat melakukan perjalanan bisnis menjadi alasan kenapa Anda harus tetap mengutamakan kepraktisan dalam mempersiapkannya.

Berikut ini adalah lima tips praktis yang bisa Anda lakukan saat mempersiapkan perjalanan kerja yang akan dilakukan.

1. Pilih tas yang praktis

Mobilitas yang tinggi menjadi hal yang biasa terjadi pada sebuah perjalanan bisnis. Misalnya berpindah dari satu kota ke kota lainnya hingga pindah dari satu hotel ke hotel lainnya. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya Anda memilih tas yang praktis untuk dibawa-bawa.

Dua tas menjadi batas maksimal barang bawaan Anda. Satu tas untuk bekerja, satu lagi tas untuk membawa baju dan perlengkapan pribadi. Pilihlah tas/koper yang tidak terlalu besar sehingga masih diperbolehkan untuk masuk ke bagasi kabin. Hal ini dapat menghemat waktu Anda saat tiba di bandara karena tidak harus menunggu di ruang pengambilan bagasi pesawat.

2. Buatlah daftar barang bawaan

Tips ini perlu dilakukan agar Anda memiliki panduan barang-barang apa saja yang harus dibawa, mulai dari perlengkapan pribadi sampai untuk urusan pekerjaan. Lewat catatan ini juga Anda dapat lebih mengontrol barang bawaan yang dibawa.

Jika catatan tersebut terasa cukup banyak, coba evaluasi lagi catatannya. Menjaga barang bawaan seperlunya menjadi hal yang penting dilakukan agar perjalanan bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan praktis.

3. Beli tiket yang fleksibel

Perubahan jadwal dapat terus terjadi saat melakukan perjalanan bisnis. Misalnya, jadwal meeting yang dimajukan, dimundurkan atau bahkan bertambah karena ada urusan yang penting untuk dilakukan. Solusi untuk masalah ini adalah Anda dapat memesan Tiket Fleksibiltas Tinggi dari Traveloka.

Lewat fitur ini Anda dapat dengan mudah mengatur ulang jadwal keberangkatan/kepulangan yang bisa disesuaikan dengan jadwal pekerjaan. Anda juga bisa melakukan refund tiket saat masih dihadapkan dengan jadwal yang belum pasti.

Selain mudah mengatur ulang jadwal tiket, Anda juga tidak perlu takut terkena denda yang tinggi karena Anda bisa saja bebas dari beban denda untuk reschedule (dalam batas waktu tertentu) atau denda dengan jumlah rendah untuk refund.

4. Pilihlah hotel dengan lokasi yang strategis

Untuk memudahkan dalam hal mobilitas, sebaiknya Anda memilih hotel dengan lokasi yang strategis. Pilihlah hotel yang dekat dengan pusat aktivitas Anda selama di kota tujuan, hal ini dapat menghemat waktu Anda saat bepergian dari hotel ke tempat bekerja.

Alternatif lokasi strategis lainnya adalah dengan memilih hotel yang dekat dengan bandara. Hal ini bisa dilakukan jika waktu kepulangan Anda berada di jam-jam yang rawan dengan kemacetan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjebak macet saat ingin ke bandara.

5. Siapkan identitas sebelum check-in

Salah satu hal yang bisa membuat proses check-in bandara lebih lama adalah proses pencarian kartu identitas yang dibutuhkan. Ada baiknya Anda memisahkan kartu identitas yang dibutuhkan untuk check-in ini ke tempat yang lebih mudah dijangkau seperti tas yang lebih kecil atau di dalam saku celana.

Menjaga kepraktisan saat melakukan perjalanan kerja akan membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan sehingga dapat menyelesaikan dengan lancar dan tepat waktu. Selamat melakukan perjalanan kerja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×