kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.453
  • EMAS665.000 -0,60%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%
ADV

Cara Baru Berinvestasi: Pinjamkan Uangmu!

Kamis, 18 April 2019 / 15:26 WIB

Cara Baru Berinvestasi: Pinjamkan Uangmu!
ILUSTRASI. mekar.id - kontan seremonia online

Perkembangan teknologi informasi telah membuka lebar kesempatan munculnya cara-cara baru dalam berinvestasi. Salah satunya yaitu berinvestasi dengan cara meminjamkan uang pada orang-orang yang tidak kita kenal. Hal ini mungkin terdengar aneh pada awalnya, tapi nyatanya jenis investasi ini semakin populer di Indonesia.

Jenis investasi yang terbilang baru ini dikenal dengan nama investasi peer to peer lending. Sesuai dengan namanya, cara kerja investasi ini yaitu dengan memberikan pinjaman kepada individu atau institusi yang membutuhkan dana melalui perantara sebuah platform online.

Seorang investor pada investasi peer to peer lending bertindak sebagai pemberi pinjaman. Saat peminjam membayar kembali pinjamannya, investor menerima keuntungan berupa sebagian dari biaya bunga yang dibayarkan oleh peminjam.

Sebagai investor, Anda bisa memilih peminjam yang ingin Anda danai. Biasanya, platform peer to peer lending memiliki demografi peminjam yang spesifik. Banyak platform yang peminjamnya mencari pinjaman konsumtif (misalnya untuk membeli barang elektronik atau DP kendaraan bermotor), namun ada juga platform P2P yang fokus pada pinjaman produktif untuk menjalankan dan mengembangkan usaha, salah satunya yaitu MEKAR.

Berinvestasi sambil mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia

Berbeda dengan kebanyakan platform P2P lainnya, MEKAR hanya melayani peminjam yang merupakan pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda danai di MEKAR, di antaranya usaha-usaha di sektor pertanian, makanan dan minuman, dan perdagangan kecil. Seperti diketahui, sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia masih terkendala akses layanan keuangan. Dengan mendanai mereka melalui platform MEKAR, Anda berperan besar dalam keberlangsungan dan pertumbuhan usaha mereka.

Sebagai perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi digital, MEKAR mengedepankan kemudahan dan keamanan bertransaksi bagi para pemberi pinjaman (atau disebut ‘Funder’) yang memanfaatkan platform MEKAR untuk berinvestasi. Seluruh proses registrasi, mendanai pinjaman, hingga menerima pembayaran pinjaman bisa dilakukan dengan praktis, mudah, dan aman secara online.

Teknologi juga memungkinkan Funder di MEKAR melakukan pendanaan UMKM secara gotong-royong, yaitu mendanai satu pinjaman bersama-sama atau yang disebut sebagai crowdfunding. Pendanaan bisa dilakukan mulai dari Rp 100.000 saja.

Investasi dengan keuntungan finansial dan manfaat sosial

Saat Anda menjadi pemberi pinjaman di MEKAR, Anda akan mendapatkan dua keuntungan: keuntungan finansial dan keuntungan sosial. Secara finansial, dana yang Anda investasikan berpeluang untuk tumbuh senilai 7,18% hingga 12,5% per tahun. Namun, yang tak kalah pentingnya, Anda juga memberikan manfaat bagi masyarakat luas karena pinjaman yang Anda berikan akan membantu mereka meningkatkan taraf hidup, mengembangkan usaha, membuka lapangan kerja baru dan menggerakkan roda perekonomian lokal. Inilah keuntungan sosial yang bisa Anda nikmati dengan berinvestasi di MEKAR.

Hingga Maret 2019, para Funder di MEKAR telah mendanai lebih dari 52.000 pinjaman UMKM senilai lebih dari Rp 115 miliar. Hanya 0,5% pinjaman yang terlambat dibayarkan oleh peminjam kepada lembaga keuangan mikro yang bermitra dengan MEKAR, sedangkan penyaluran pembayaran pinjaman dari MEKAR kepada para Funder 100% dilaksanakan secara tepat waktu.
Ingin tahu lebih banyak tentang investasi dengan keuntungan finansial dan manfaat sosial bersama MEKAR? Kunjungi https://mekar.id.


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.0697 || diagnostic_web = 0.3707

Close [X]
×