kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.945
  • EMAS704.000 -1,40%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%
ADV

Cara Menuju Tana Toraja dan Melihat Ritual “Mayat Hidup”


Minggu, 23 Juni 2019 / 14:29 WIB

Cara Menuju Tana Toraja dan Melihat Ritual “Mayat Hidup”
Makam Terindah di Dunia - Kuburan Gantung

Jika Anda ingin mengisi liburan dengan uniknya budaya dan ritual di Indonesia, maka Tana Toraja adalah tujuan yang tepat. Kota kabupaten di Sulawesi Selatan ini punya gaya hidup dan budaya khas asli Austronesia.

Salah satunya adalah ritual unik bernama Ma’Nene. Saat ritual ini berlangsung, beberapa orang akan menuntun sosok-sosok renta berbaju, celana, sepatu dan kacamata hitam. Pakaian tersebut semuanya baru. Sosok-sosok renta itu pun berjalan beriringan diarak oleh warga sekampung.

Akan tetapi, sosok yang sekilas tampak wajar itu sebenarnya sudah tidak bernyawa. Mereka adalah jenazah nenek moyang, biasanya berusia puluhan hingga ratusan tahun, yang  dirias dan diganti pakaiannya selaknya orang hidup.

Walau sudah terkenal, bukan berarti Tana Toraja bisa dijangkau semudah terbang ke Bali. Lokasi Tana Toraja berada di pegunungan dan cukup terpenci. Namun Anda masih dapat mengaksenya dengan mudah. Hanya perlu perencanaan waktu yang matang, karena perjalanan ini membutuhkan beberapa moda transportasi.

Cara untuk mencapai Tana Toraja

Dari jauh hari, sebelum booking, bukalah aplikasi atau situs Traveloka dan pasang price alert untuk penerbangan ke Makassar. Aturlah agar penerbangan Anda di kisaran 20-30 Agustus, menyesuaikan dengan masa selesai panen agar bisa bertepatan dengan ritual Ma’nene.

Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan notifikasi mengenai harga tiket pesawat yang sesuai dengan budget. Selanjutnya price alert akan memberikan notifikasi ketika muncul harga tiket pesawat untuk tanggal dan harga yang Anda harapkan.

Perjalanan menggunakan pesawat hanya permulaan saja. Jadi ingat, istirahat dan simpan tenaga sebaik mungkin. Saat memesan tiket pesawat, pastikan Anda memilih kursi window agar bisa beristirahat dengan tenang. Pilih juga extra baggage jika berniat membawa banyak barang, dan pilih perlindungan untuk bagasi Anda.

Bila sudah mendekati hari untuk terbang, pastikan Anda mengecek status penerbangan, apakah delay atau masih sesuai jadwal. Kemudian lakukan web check-in agar Anda tidak ditinggal pesawat.

Pakai jalur darat ke Tana Toraja

Nantinya, begitu mendarat di Makassar, Anda mesti melanjutkan perjalanan menggunakan jalur darat. Perjalanan kali ini lebih panjang. Anda butuh sekitar 6-8 jam berkendara untuk sampai ke Tana Toraja. Pilihannya adalah menggunakan bus atau mobil pribadi.

Ada sekitar lima pemberangkatan bus dari Makassar menuju Tana Toraja PP. Beberapa di antaranya adlah Litha & Co., Metro Permai, Linan Express, Bintang Prima, Bintang Timur, Manggala Trans, dan masih banyak lagi.

Waktu pemberangkatan sendiri dimulai jam 08.00. Kemudian pemberangkatan bus berikutnya berturut-turut pada jam 10.00, 13.00, 20.00, dan 21.30. Jika tidak tahan panas, Anda juga bisa mendapatkan bus yang ber-AC.

Lewat Jalur Udara

Selain jalur darat menggunakan bus atau mobil pribadi, Anda juga bisa memakai pesawat kecil dari Makassar ke Palopo yang paling dekat dengan Tana Toraja. Salah satu maskapai yang menyediakan penerbangan ini adalah WingsAir.

Penerbangan jarak pendek ini hanya memakan waktu 45 menit. Namun selanjutnya dari Palopo, Anda mesti melanjutkan perjalanan ke Tana Toraja lewat jalur darat. Adapun perjalanan ini bakal menempuh waktu sekitar 1 jam saja. Sehingga kalau ditotal, jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mencapai Tana Toraja akan lebih singkat.

Jadi sudah siapkah Anda melihat ritual Ma’nene di Tana Toraja sana? Anda bisa mendapatkan tiket pesawat Jakarta-Makassar dan Makassar-Palopo dengan mudah di Traveloka. Atau pasang price alert dulu. Yuk, langsung saja.


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0515 || diagnostic_web = 0.2825

Close [X]
×