kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Paling Praktis untuk Membayar Tagihan BPJS


Selasa, 02 Oktober 2018 / 10:37 WIB
Cara Paling Praktis untuk Membayar Tagihan BPJS
ILUSTRASI. PayLater Traveloka

Reporter: Sponsored | Editor: Evelyne Lee

Kesehatan menjadi hal yang paling penting untuk siapapun, tak terkecuali bagi warga negara Indonesia. Oleh Karena itu, pemerintah mengadakan program BPJS Kesehatan yang mampu melingkupi kesehatan seluruh masyarakat. Menjadi program penting pemerintah, kini hampir seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk memiliki BPJS Kesehatan.

Hal ini dikarenakan BPJS Kesehatan menjamin biaya perawatan untuk beragam penyakit yang diderita. Keuntungannya lagi, BPJS bisa dipakai pada hampir seluruh tempat pelayanan kesehatan di Indonesia. Kamu juga bisa dengan mudah membayar iuran BPJS di berbagai tempat dan dengan berbagai cara seperti berikut ini:

1. ATM Bank

Tersedia di mana saja, saat ini ATM Bank bisa jadi pilihan ketika ingin membayarkan iuran BPJS Kesehatan. Cara pembayarannya, pertama masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM, ketik pin dan pilih pembayaran. Kedua, pilih menu BPJS dan pilih BPJS Kesehatan.

Ketiga, masukan nomor virtual account dan pilih berapa bulan iuran yang ingin dibayarkan serta kelas apa yang kamu pilih sebelumnya. Setelah itu, iuranmu pun lunas dan kamu bisa menikmati fasilitas BPJS Kesehatan.

2. Minimarket

Bagi mereka yang tak memiliki rekening Bank, membayar melalui minimarket bisa dijadikan alternatif karena keberadaan minimarket yang banyak dan tersebar hingga ke pelosok daerah. Cara ini merupakan pilihan bagi masyarakat yang belum mempunyai rekening bank.

Proses pembayarannya cukup datang ke minimarket terdekat dengan membawa kartu BPJS Kesehatan atau nomor virtual BPJS Kesehatan kamu. Kemudian, beritahu kasir jika kamu ingin membayar iuran BPJS Kesehatan.

Nantinya, kasir akan menanyakan kartu BPJS atau nomor BPJS yang ingin dibayarkan beserta nomor ponsel. Setelah itu, bayar iuran BPJS Kesehatan sesuai tagihan dan tambahan biaya sebesar Rp2.500.

3. Kantor Pos

BPJS Kesehatan kini juga bisa dibayarkan melalui kantor pos. Kamu dapat membayar iuran BPJS langsung di Kantor Pos terdekat dengan membawa KTP dan Kartu Peserta BPJS Kesehatan.

Nantinya, petugas kantor pos akan memproses pembayaran iuran melalui komputer yang telah terkoneksi dengan database BPJS Kesehatan. Berbeda dengan minimarket, melalui kantor pos kamu tidak dikenakan biaya tambahan ketika bayar iuran.

4. Secara online

Jika kamu ingin melakukan pembayaran BPJS dengan mudah dan praktis, membayar secara online merupakan pilihan yang tepat. Melalui situs yang melayani pembayaran tagihan BPJS online seperti Traveloka, kamu bisa membayar tagihan secara cepat dan mudah, kapan pun dan di mana pun kamu berada.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah meng-install aplikasi Traveloka terlebih dahulu. Download dan install ke dalam smartphone yang kamu gunakan, selanjutnya lakukan registrasi untuk membuat akun di Traveloka.

Setelah itu, saat membayar BPJS Kesehatan secara online, kamu hanya perlu memasukan nomor virtual account (VA) dan pilih sampai bulan berapa tagihan yang ingin dibayar. Pembayaran ini bisa kamu lakukan melalui website atau aplikasi. Caranya pilih fitur Tagihan dan Isi Ulang, lalu pilih BPJS Kesehatan.

Kamu juga bisa lebih mudah membayar tagihan melalui TravelokaPay, yakni sistem pembayaran elektronik yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi melalui Traveloka.

Dari penjabaran di atas, jadi manakah cara pembayaran BPJS Kesehatan yang sesuai dengan dirimu? Semua cara di atas merupakan solusi agar pembayaran BPJS kamu tepat waktu. Jika ingin lebih mudah, menggunakan pembayaran melalui online bisa jadi pilihan.

Lewat pembayaran online, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan yang didapatkan seperti kemudahan dan hemat waktu. Pastikan untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu agar kartu BPJS kamu tetap bisa digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×