kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Desember Jadi Waktu Terbaik Pembelian Reksa Dana Saham, Mengapa?


Jumat, 14 Desember 2018 / 11:29 WIB
Desember Jadi Waktu Terbaik Pembelian Reksa Dana Saham, Mengapa?

Sumber: Commercial Content | Editor: Indah Sulistyorini

Tren gaya hidup masyarakat kini berubah terutama di antara kaum muda urban. Mereka mencari kesenangan melalui wisata, perkembangan teknologi atau pengalaman lain yang dapat meningkatkan kapasitas hidup mereka. Data dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) menunjukkan Reksa Dana merupakan salah satu investasi pilihan masyarakat muda guna membeli rumah, kendaraan, biaya pendidikan, dana darurat, dan juga persiapan dana pensiun. Ini menunjukkan bahwa sudah ada kesadaran dari masyarakat muda tentang pentingnya investasi, bahkan jika perlu harus dijadikan sebagai gaya hidup. Saat kita memasukkan investasi dalam daftar gaya hidup, maka kita pun berupaya untuk menjadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang berkelanjutan. 

Reksa Dana memiliki berbagai jenis yaitu Reksa Dana Pasar Uang untuk kebutuhan likuiditas jangka pendek, Reksa Dana Pendapatan Tetap untuk kebutuhan jangka menengah, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Pasar Saham untuk mereka yang memiliki rencana jangka panjang. Barangkali di akhir tahun seperti ini kamu lebih memilih menikmati hasil investasi untuk berlibur dan semacamnya, tapi sudah pernahkah kamu melakukan pembelian Reksa Dana Saham di bulan Desember? Jika belum, sebaiknya kamu mencoba membeli Reksa Dana Saham sebab berdasarkan data Bloomberg 10 tahun terakhir, pertumbuhan return Reksa Dana Saham pada bulan Desember menunjukkan performa yang baik.

Mengapa demikian? Begini, ada sebuah fenomena di pasar modal yang bernama window dressing dimana terdapat kecenderungan harga saham selalu meningkat di akhir tahun. Hal ini juga terjadi dalam dunia usaha, misalnya peningkatan penjualan akibat diskon/promo besar-besaran sehingga laporan keuangan di akhir tahun yang bagus menjadi salah satu alasan penguatan harga saham. Pembelian masyarakat yang melonjak bisa dianggap pertanda bahwa perekonomian negara sedang baik secara keseluruhan.  Tak heran jika Reksa Dana Saham sedang bagus-bagusnya di bulan ini. Namun perlu diingat timing pembelian Reksa Dana Saham untuk tujuan investasi sebaiknya dilakukan secara berkala, untuk mengantisipasi pergerakan naik turunnya harga volatilitas di pasar modal.

Bila kamu ingin membuktikannya sendiri, coba segera download aplikasi Moinves atau ke website https://moinves.co.id, yakni sebuah platform investasi online milik Mandiri Investasi yang memberimu kemudahan dalam berinvestasi kapan pun dan di mana pun. Bila sudah registrasi, segera buka Reksa Dana Saham mulai dari Rp.50.000 atau bisa lebih sesuai dengan dana tersedia. Tidak perlu takut investasi karena dalam pengelolaannya, Mandiri Investasi diawasi dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan. Yuk persiapkan rencana jangka panjangmu dengan memulai investasi di Reksa Dana Saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×