kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.945
  • EMAS704.000 -1,40%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%
ADV

Inilah Alasan Mengapa Berinvestasi Harus Dimulai Sejak Dini!


Senin, 08 Juli 2019 / 00:00 WIB

Inilah Alasan Mengapa Berinvestasi Harus Dimulai Sejak Dini!

Investasi adalah suatu proses dimana kita mengumpulkan dana dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial di masa depan. Tetapi, sebagian dari kita belum sadar akan alasan mengapa berinvestasi. Beberapa bahkan menganggap investasi merupakan suatu hal yang berisiko untuk dijalani, oleh karena itu banyak dari mereka yang memilih ‘aman’ dengan menggunakan deposito atau hanya sekedar menabung.

 

Jadi, Mengapa Berinvestasi? Apa Tujuannya?

  1. Melawan Pengaruh Inflasi (Kenaikan Harga)

Ini adalah alasan utama mengapa berinvestasi. Dengan adanya inflasi atau penurunan nilai riil mata uang akibat kenaikan harga maka daya beli masyarakat akan berkurang. Bahkan orang yang memiliki dana lebih sekalipun perlu melakukan investasi untuk melindungi aset yang dimilikinya dari pengaruh inflasi.

Cara ampuh melawan pengaruh inflasi adalah dengan berinvestasi yang memiliki imbal hasil di atas laju inflasi per tahunnya. Andaikan laju inflasi per tahun rata-rata sekitar 15% di biaya pendidikan, maka kita perlu berinvestasi di instrumen yang memberikan imbal hasil lebih dari 15% per tahun.

  1. Mempersiapkan Masa Depan

Berinvestasi merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan kita dan keluarga. Sebagai contoh, pendidikan anak merupakan kebutuhan masa depan yang perlu direncanakan dengan matang sedini mungkin.

Dengan kenaikan biaya pendidikan sebesar 15%-20% per tahun para orang tua perlu mulai berinvestasi sejak menikah atau sejak anak masih kecil. Tidak hanya pendidikan saja, kita juga perlu mempersiapkan biaya pensiun, gaya hidup dan beberapa hal lainnya sedini mungkin.

 

Apa Saja Manfaat Praktis Berinvestasi?

Selain dua alasan atau tujuan utama di atas, ada beberapa manfaat praktis lainnya yang bisa didapatkan dari berinvestasi.

  1. Meningkatkan Aset

Kita andaikan saat ini kamu memiliki uang Rp. 1 Juta, yang merupakan salah satu aset yang kamu punya, lalu kamu melakukan investasi P2P lending hari ini dengan uang Rp. 1 Juta ini. Dalam waktu 1 tahun ke depan aset kamu nilainya akan bertambah 18% menjadi Rp. 1,180,000. Inilah yang dimaksud meningkatkan aset dari hasil investasi yang telah kita lakukan.

  1. Melatih Gaya Hidup Smart Spending

Saat kamu melakukan investasi artinya kamu akan berusaha menyisihkan sebagian dana milikmu untuk diinvestasikan. Dengan investasi kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih pintar dalam mengeluarkan dana. Apabila tidak terbiasa menabung dan berinvestasi, biasanya uang ini akan digunakan untuk barang konsumsi yang seringkali tidak benar-benar diperlukan.

  1. Menghindari Jerat Hutang

Biasanya untuk kamu yang sudah melakukan investasi, itu artinya kamu sudah belajar menentukan prioritas. Dengan menyisihkan sebagian pemasukan untuk investasi artinya investor sudah memiliki sumber pemasukan lain dari gaji, sehingga tidak perlu lagi berhutang. Hutang biasanya dilakukan karena kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang, bisa jadi karena perencanaan keuangan yang tidak matang. Inilah salah satu langkah awal yang dapat membantu kamu mendapatkan kebebasan finansial di masa depan.

Dari paparan tujuan dan manfaat berinvestasi, kini kamu jadi mengetahui alasan mengapa berinvestasi.

 

Sudah Tahu Mengapa Berinvestasi Perlu Dilakukan Sedini Mungkin, kan? Mulai Sekarang!

Mulai bersama Akseleran. Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran. Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode KONTAN2019. Melakukan pendanaan di Akseleran juga aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email team@akseleran.com.

 

Selamat Berinvestasi!


Reporter: Sponsored
Editor: Evelyne Lee

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.1545 || diagnostic_web = 0.4694

Close [X]
×