kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,33   5,73   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investasi dalam Emas Melalui bjb Syariah, Langkah Bijak Kelola THR


Selasa, 12 Juni 2018 / 12:26 WIB
Investasi dalam Emas Melalui bjb Syariah, Langkah Bijak Kelola THR

Reporter: Sponsored | Editor: Tony Ardianto

BANDUNG—Bank bjb syariah menawarkan Pembiayaan Kepemilikan Emas (PKE) iB Maslahah sebagai salah satu cara bagi kamu yang saat ini menerima banyak dana Tunjangan Hari Raya.

Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan mengatakan menyimpan dana untuk investasi jangka panjang dalam bentuk emas merupakan langkah bijak dalam mengelola dana THR.

Sebab, lanjutnya, harga emas cenderung tidak mengalami pergerakan harga yang drastis dan kebal akan inflasi. Alhasil investasi emas memiliki risiko kerugian sangat rendah. Terlebih emas tidak mengenal pergeseran kualitas.

“Emas sejak dari dulu merupakan pilihan investasi paling aman dengan risiko rendah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (11/6).

Bahkan sepanjang tahun 2017 lalu, kinerja pertumbuhan harga emas tergolong paling baik jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain. Tercatat pertumbuhan harga emas batangan Aneka Tambang (Antam) mencapai 26%. 

"Pertumbuhan tersebut tercatat lebih tinggi dari investasi pasar modal seperti indeks saham, reksadana, obligasi pemerintah, dan valuta asing. Maka investasi emas sangat disarankan bagi pemula," ujar Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan.

Dia menjelaskan investasi emas memiliki tujuan dan rencana jangka panjang, seperti memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak di masa depan atau sebagai bentuk tabungan untuk beribadah umrah maupun pergi haji.

Langkah tersebut dapat diambil sebagai alternatif menabung selain dalam bentuk uang. Terlebih melalui layanan Pembiayaan Kepemilikan Emas (PKE) iB Maslahah, bank bjb syariah menawarkan solusi terbaik pembelian emas dengan cara diangsur.

Artinya terdapat dua manfaat sekaligus dalam satu kemudahan yakni dapat membeli emas serta menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Terlebih skema angsuran sangat ramah bagi nasabah yang memiliki keterbatasan dana.

"Jadi nasabah dapat membeli emas dengan harga terbatas. Emas akan tersimpan di tempat yang aman di bank bjb syariah. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai jaminan saat ada kebutuhan mendesak," ujar Indra.

Bentuk emas dapat berupa perhiasan atau batangan yang berasal dari Antam. Emas Antam sendiri memiliki ciri khusus dan sulit dipalsukan. Soalnya setiap emas memiliki sertifikat yang menjelaskan dimensi, berat, kadar kemurnian, serta nomor seri.

Produk PKEiB Maslahah bank bjb syariah memiliki beragam keunggulan, seperti persyaratan mudah dan cepat, margin kompetitif, nominal angsuran tetap serta terbebas dari bunga atau riba.

Sementara jumlah pembiayaan untuk logam mulia maksimal 80% dari nilai taksiran. Sedangkan untuk emas perhiasan maksimal 70%. Untuk jangka waktu angsuran minimal dua tahun dan maksimal lima tahun.

"PKEiB Maslahah atau cicil emas memang merupakan salah satu produk unggulan bank bjb syariah. Selain itu bank bjb syariah juga memiliki Mitra Emas iB Maslahah sebagai solusi pembiayaan dengan agunan emas," ujar Indra. 

Mitra Emas iB Maslahah adalah produk beragun emas dengan prinsip qardh dan rahn. Layanan tersebut dapat digunakan sebagai sumber pembiayaan nasabah dengan agunan berupa emas batangan atau perhiasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×