kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Bank bjb syariah Akan Digenjot Semester II 2018


Kamis, 05 Juli 2018 / 16:34 WIB
Laba Bank bjb syariah Akan Digenjot Semester II 2018
ILUSTRASI. kontan seremonia online

Reporter: Sponsored | Editor: Tony Ardianto

BANDUNG--Sepanjang semester I tahun 2018, bank bjb syariah berhasil mencatatkan peningkatan kinerja bisnis yang signifikan. Hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan laba bersih senilai Rp18,4 miliar. 

 

Bahkan pada triwulan pertama, laba bersih bank bjb syariah meningkat sebesar 250,2% dibandingkan periode yang sama di tahun 2017. Dengan meningkatnya laba, maka rasio profitabilitas di triwulan pertama dapat terjaga dengan sangat baik. 

 

Kinerja positif tersebut diharapkan dapat terus berlanjut hingga akhir tahun 2018. Serangkaian strategi telah dan tengah dijalankan untuk mengarungi semester II tahun 2018. Salah satunya adalah dengan tetap fokus pada segmen konsumer.

 

"Strategi yang dilakukan adalah untuk tetap fokus bergerak di segmen konsumer sebagai captive market bank bjb syariah," ujar Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan.

 

Adapun produk unggulan bank bjb syariah di segmen konsumer di antaranya adalah pembiayaan kepemilikan emas (PKE) iB Maslahah dan layanan jasa berupa 3 in 1 Maslahah. Selain itu bank bjb syariah terus memperluas jaringan sebagai bank operasional dua.

 

PKE iB Maslahah merupakan layanan produk yang menawarkan fasilitas pembiayaan pembelian emas batangan atau perhiasan kepada nasabah. Terlebih, pembelian emas dapat dilakukan melalui sistem angsuran. 

 

Emas sendiri merupakan instrumen investasi yang dinilai paling aman dan rendah risiko. Pasalnya, emas memiliki beragam kelebihan seperti kebal inflasi, tidak mudah rusak, terjangkau, mudah diperjualbelikan, dan harga jual cenderung meningkat.

 

"PKE iB Maslahah atau cicil emas adalah salah satu produk unggulan bank bjb syariah. Selain itu, bank bjb syariah juga memiliki layanan Mitra Emas iB Maslahah sebagai solusi pembiayaan dengan agunan emas," ujar Indra. 

 

Sementara layanan 3 in 1 Maslahah merupakan inovasi yang memberikan kemudahan dalam proses pembukaan rekening. Bahkan 3 in 1 Maslahah diklaim sebagai layanan pembukaan rekening tercepat dengan sistem jemput bola mendatangi calon nasabah. 

 

Sehingga calon nasabah tidak perlu menunggu lama dalam antrean serta melewati prosedur yang panjang. Pasalnya, segala aktivitas perbankan dapat diakses melalui ujung jari dengan menghubungi call center di nomor 1500727.

 

Kemudian, agen Jemput Maslahah akan datang ke tempat calon nasabah berada. Adapun untuk proses pembukaan rekening juga terbilang cepat dan sederhana karena calon nasabah hanya perlu mengisi formulir. Setelah itu, ATM Card Masalahah serta layanan Mobile Banking Masalahah dapat langsung digunakan.

 

Upaya tersebut merupakan bentuk adaptasi yang dilakukan bank bjb syariah dalam menangkap kebutuhan pasar. Juga merupakan implementasi dari konsep layanan bank tanpa kantor atau branchless banking sesuai dorongan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Lalu, sebagai BPD syariah pertama di Indonesia, bank bjb syariah juga menjadi salah satu perbankan pelaksana penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR) Sejahtera bersubsidi melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

 

Pada tahun 2018, bank bjb syariah menargetkan pembiayaan KPR Sejahtera sebanyak 1.600 unit atau sekitar Rp160 miliar. Hal tersebut merupakan komitmen bank bjb syariah dalam mendukung program pemerintah terkait penyediaan rumah dengan harga terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Saat ini bank bjb syariah sudah menyalurkan 702 unit rumah.

 

"Untuk bank syariah, kami termasuk dalam urutan tiga besar dalam penyaluran KPR Sejahtera. Tahun lalu kami dapat menyalurkan 1.600 unit rumah. Ditargetkan tahun 2018, pencapaian tersebut akan kembali diraih," ujar Indra.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×