kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.480
  • EMAS663.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Perhatikan 5 Hal Ini dalam Pengajuan KTA Anda agar Lebih Ekonomis

Rabu, 19 September 2018 / 17:12 WIB

Perhatikan 5 Hal Ini dalam Pengajuan KTA Anda agar Lebih Ekonomis
ILUSTRASI. Ilustrasi Kredit Dana Pendidikan

Banyak alasan dipilihnya KTA sebagai produk pinjaman masyarakat, selain saat mengajukan pinjaman dana kilat online tanpa jaminan Anda tidak harus memberikan agunan atau jaminan aset yang disita oleh bank, dalam proses pencairan dana nya pun memang lebih cepat dibandingkan dengan produk pinjaman sejenis.  Oleh karena itu KTA memang selalu dijadikan sebagai solusi kebutuhan dana yang cukup mendesak.

Melakukan pinjaman dana memang biasa dilakukan oleh seseorang yang membutuhkan dana segar, umumnya jika sudah tidak bisa mendapatkan pinjaman dari kerabat atau saudara, bank selalu dijadikan sebagai tujuan akhir pinjaman dana tersebut, apalagi jika jumlah dana yang Anda butuhkan juga termasuk cukup besar hitungannya. Dengan memiliki dana segar tentunya Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang diperlukan seperti untuk biaya renovasi rumah, untuk biaya pernikahan atau juga untuk kebutuhan modal usaha.

Saat ini sudah banyak sekali bank yang menawarkan produk KTA dengan berbagai tawaran bunga yang menarik, apalagi saat awal tahun sangat banyak orang yang membutuhkan dana untuk kebutuhan berbagai keperluannya masing-masing. Dan juga perusahaan p2p penyedia jasa pinjaman online yang semakin banyak beredar di masyarakat.

Hal inilah yang dijadikan oleh pihak bank sebagai cara untuk menawarkan berbagai program pinjaman dengan bunga rendah, untuk itu sebelum Anda melakukan Pinjaman KTA sebaiknya perhatikan terlebih dahulu hal berikut agar pinjaman Anda lebih ekonomis.
Menghitung Bunga Pinjaman

Saat seseorang membutuhkan dana terkadang mereka mengabaikan bunga pinjaman KTA tersebut, yang ada di pikiran hanya bagaimana untuk mendapatkan dana segar secepat mungkin, padahal menghitung bunga pinjaman KTA tentu saja sangat penting karena akan mempengaruhi besarnya cicilan yang nantinya harus dibayarkan.  

Perlu Anda ketahui bahwa setiap bank memberikan bunga pinjaman yang berbeda-beda, untuk itu sebaiknya Anda mencari dan membandingkan bunga pada beberapa bank agar bisa mendapatkan pinjaman KTA yang terbaik dengan bunga rendah.  Anda juga bisa mencari perhitungan bunga flat yang ditawarkan bank, karena hal tersebut tentunya akan mempengaruhi jumlah besaran cicilan. Ambil produk KTA dengan bunga rendah s dari bank-bank ternama seperti Standard Chartered, BCA, atau PaninBank.

Lamanya Jangka Waktu Cicilan

Dengan memilih jangka waktu pembayaran cicilan lebih cepat tentunya bisa membuat pinjaman yang Anda bayar akan lebih sedikit, karena semakin lama jangka waktu yang Anda ambil, otomatis Anda juga harus membayar kan pinjaman dengan angka yang lebih besar, karena akan mempengaruhi dari bunga pinjaman tersebut juga. 

Untuk itu sebaiknya ambil masa tenor yang jauh lebih cepat. namun Anda juga perlu menyesuaikan dengan kemampuan Anda dalam melakukan pembayaran cicilannya agar tidak terjadi kredit macet nantinya.

Perhitungkan biaya tambahan lainnya.
Sebelum melakukan pengajuan KTA selain dari bunga yang rendah jangan lupa untuk memperhitungkan biaya lainnya yang harus Anda keluarkan, jangan tergoda dengan iming-iming bunga rendah namun Anda belum memperhitungkan berbagai biaya lain yang harus dibayarkan, misalnya biaya administrasi, biaya provisi, biaya denda tunggakan cicilan dan juga biaya pinalti yang harus dikeluarkan saat anda membayar cicilan lebih cepat dari jangka waktu yang sudah ditentukan.

Untuk itu jangan lupa mencari tahu pada pihak bank yang Anda pilih mengenai jumlah dana dan juga biaya lainnya yang perlu Anda keluarkan nantinya, dengan melakukan perhitungan biaya ini akan membuat Anda lebih menekan biaya KTA yang akan diambil agar lebih ekonomis. 

Selalu Disiplin dan Tepat Waktu

Sebelum Anda berencana melakukan pengajuan pinjaman, sebaiknya  Anda pertimbangkan terlebih dahulu mengenai kemampuan membayar cicilan pinjaman tersebut tiap bulannya, seperti kita ketahui,  pinjaman KTA ini biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi, sehingga jangan sampai nantinya  Anda kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan tersebut, karena dengan tidak disiplin dalam melakukan pembayaran, pastinya aka nada biaya denda yang harus harus dibayarkan. 

Jangan lupa juga untuk memastikan masa tenor yang Anda pilih sampai dengan melakukan pelunasan pembayaran, karena pelunasan yang dilakukan lebih cepat juga akan dikenakan biaya penalti yang harus dibayarkan, biasanya besaran biayanya mulai dari 5 persen dari biaya pinjaman.

Pinjaman Disesuaikan dengan Kebutuhan

Alasan setiap orang melakukan pinjaman memang berbeda-beda namun sebagian nasabah yang meminjam KTA kebanyakan membutuhkan dana untuk melakukan pengembangan usaha miliknya, untuk itu sebelum mengajukan pinjaman kredit KTA, pastikan terlebih dahulu mengenai kebutuhan dana yang Anda butuhkan, agar tidak meminjam dana diluar dari kebutuhan yang seharusnya.

Meminjam dana lebih besar dari dana yang dibutuhkan hanya akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan nantinya, karena sudah banyak orang yang terjebak dengan kesulitan pembayaran cicilan karena tidak menyesuaikan pinjamannya dengan kebutuhan serta kemampuannya dalam melakukan pelunasan cicilan.  
Pentingnya Mempertimbangkan Dana Pinjaman
Sebelum mengajukan pinjaman KTA memang akan lebih baik dilakukan berbagai pertimbangan, sehingga pinjaman yang Anda lakukan nantinya akan lebih ekonomis dan juga sesuai dengan proporsi kebutuhan dana yang diperlukan, jangan melakukan pinjaman diluar kemampuan Anda untuk membayarnya, karena hal tersebut tentunya akan membuat Anda terjebak ke dalam hutang, untuk itu lakukan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman KTA dan gunakanlah dana tersebut dengan bijak.  


Reporter: Sponsored
Editor: Tony Ardianto

Tag
TERBARU
Hasil Pemilu 2019
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0519 || diagnostic_web = 0.2564

Close [X]
×