kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
ADV

Perkuat UMKM Jabar, Blibli.com Gelar Roadshow The Big Start Season 4


Senin, 15 Juli 2019 / 20:48 WIB

Perkuat UMKM Jabar, Blibli.com Gelar Roadshow The Big Start Season 4

Upaya untuk menciptakan berbagai pengusaha kecil dan menengah melalui program-program pembinaan sektor UMKM terus dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Salah satu yang punya andil besar dalam melahirkan berbagai wirausaha kreatif tersebut adalah e-commerce terbaik karya anak bangsa Blibli.com.

Bertempat di Gedung Sate Bandung Jawa Barat, mal online Blibli.com membuka gelaran roadshow The Big Start (TBS) Season 4 bagi para pelaku usaha kreatif UMKM di Jawa Barat, pada Jum’at, 12 Juli 2019. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran pemerintah provinsi Jawa Barat yang disemarakan oleh 100 pengusaha kreatif.

Para pengusaha tersebut ikut memamerkan berbagai produk kreatif mereka di Festival UMKM TBS Season 4 yang berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada Minggu (14/7) kemarin. 

“Pemerintah Jawa Barat dan Blibli.com sudah lama menjalin kemitraan dalam memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM Jawa Barat. Pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan platform penjualan online untuk memperluas usaha mereka. Kesuksesan yang dicapai UMKM secara digital akan berkontribusi pada realisasi target pemerintah Jawa Barat dalam memajukan 5.000 UMKM, dan dengan demikian mendukung target Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Bapak  Dr. H. Iwa Karniwa, SE., AK., MM., CA., PIA

Melalui program TBS Season 4, Blibli.com turut mendorong kontribusi industri UMKM pada pendapatan daerah. Di event itu juga, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Blibli.com terkait Pengembangan Pelayanan Publik dan Peningkatan Ekonomi Digital dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).

Kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk konsep pembangunan yang melibatkan pemerintah, masyarakat, pengusaha, akademisi, dan media, atau bernama Pentahelix. Dia berkeyakinan dengan kolaborasi pembangunan Jawa Barat akan lebih optimal.

“Cita-citanya sudah sama, agar Indonesia adil makmur maju bersama. Saya selalu percaya teori kolaborasi, tidak percaya maju bisa cepat bila sendiri-sendiri,” kata Kang Emil, pangilan akrabnya.

“Kita gunakan teori Pentahelix, A-B-C-G-M, Akademisi, Business, Community, Government dan Media. Kita sekarang adalah contoh B dan G bersatu menghasilkan sebuah perubahan,” lanjutnya.

Tentunya Blibli.com sangat terhormat mendapat kepercayaan dan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ikut berpartisipasi mengembangkan sektor UMKM di Jawa Barat.

“Kami senang menerima kepercayaan serta dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan merasa terhormat karena dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif di Jawa Barat yang banyak dari mereka menjalankan usaha tergolong UMKM," kata Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com 

Sejak berdiri dan menyasar UMKM lewat online tahun 2011, Blibli.com telah banyak berkiprah dalam melahirkan dan memajukan pengusaha kreatif di Jawa Barat. Hingga kuartal II/2019, sudah lebih dari 3.000 UMKM Jawa Barat yang tergabung di Blibli.com.

Hal ini menjadi capaian tersendiri mengingat dengan raihan itu terjadi kenaikan 125% UMKM bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2018. Para pengusaha kreatif itu tersebar ke berbagai ekosistem baik itu ekosistem omnichannel, atau online dan offline Blibli.com.

“Melalui kompetisi TBS Bandung ini, Blibli.com ingin mewujudkan komitmen jangka panjang kami untuk mengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program pemerintah Jawa Barat.” lanjut Andy.

Kompetisi The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar dan akan fokus pada 4 kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Blibli.com akan menggandeng empat profesional pada bidangnya untuk menjadi juri.

Juri-juri tahun ini adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori Kriya.

Melalui TBS Season 4 ini, Blibi.com juga memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha. Ketujuh tantangan ini adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreatifitas dan inovasi.

Program TBS Season 4 ini juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), BEKRAF, Bank Central Asia (BCA), AXA Indonesia, JNE, Universitas Prasetiya Mulya, dan KontrakHukum.com.

Saat ini, jumlah produk yang dihasilkan oleh UMKM Jawa Barat mencapai lebih dari 100 ribu produk, menunjukkan kenaikan sebesar 120% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0005 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.1797

Close [X]
×