kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
ADV

Roadshow TBS Season 4, Komitmen Blibli.com Perkuat Kapasitas UMKM Yogyakarta


Senin, 22 Juli 2019 / 23:27 WIB

Roadshow TBS Season 4, Komitmen Blibli.com Perkuat Kapasitas UMKM Yogyakarta

SETELAH digelar di Jawa Barat, The Big Start (TBS) Season 4 akhirnya menyambangi Yogyakarta. Event yang dibuat oleh e-commerce terbaik karya anak bangsa Blibli.com tersebut menjadi ajang kompetisi wirausaha bagi para pengusaha UMKM di kota pelajar. 

Bertempat di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, TBS Season 4 diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai pada Jumat 19 Juli 2019 dan berakhir pada Minggu 21 Juli 2019. Acara tersebut diramaikan dengan kehadiran 100 pengusaha kreatif yang memamerkan berbagai produk UMKM yang sangat kreatif.

Trisaktiyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan DIY mengatakan, kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan UKM di era Revolusi Industri 4.0. Hingga akhir 2018, terdapat setidaknya 258.000 UMKM di Yogyakarta yang sebagian besar belum tergabung dalam platform e-commerce.

“Tentu pembinaan dan pemberdayaan UKM go digital menjadi kebijakan pendorong efektivitas usaha dan meningkatkan kesejahteraan lewat penguatan ekonomi rakyat melalui penciptaan wirausaha baru. Inisiatif Blibli.com sangat mendukung program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UKM Yogyakarta melalui program TBS Season 4. Kami berharap inisiatif ini dapat mendukung realisasi target DIY dalam meningkatkan kontribusi pertumbuhan UKM, yang bermuara pada target Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020,” ungkapnya.

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengaku senang dan terhormat mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta karena dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif UMKM di Yogyakarta.

 “Melalui kompetisi The Big Start yang memasuki tahun keempat, Blibli.com ingin melanjutkan komitmen jangka panjang untuk menyokong UMKM. Usaha kami sejalan dengan visi-misi program Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendayagunakan potensi UMKM,” katanya.

Kompetisi TBS Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar dan fokus pada 4 kategori utama, yaitu fashion, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Dalam melakukan penjurian UMKM, Blibli.com menggandeng empat profesional di bidangnya masing-masing.

Adapun para juri pada tahun ini adalah Didiet Maulana, Founder of IKAT, untuk kategori fashion, Priscilla Pangemanan, Founder of SASC Cosmetics, untuk kategori KKE, Chef Rinrin Marinka, Masterchef Indonesia, untuk kategori Kuliner, dan Luthfi Hasan, Founder of Jakarta Vintage untuk kategori kriya.

Melalui TBS Season 4 ini, Blibi.com juga memfasilitasi para pengusaha kreatif dalam menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha. Ketujuh tantangan tersebut adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreatifitas dan inovasi.

Program TBS Season 4 ini juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), 3 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), BEKRAF, Bank Central Asia (BCA), AXA Indonesia, JNE, Universitas Prasetiya Mulya, dan KontrakHukum.com.

Sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di Yogyakarta, untuk go online. Kini, sudah ada sekitar 800 mitra UMKM Yogyakarta yang tergabung di Blibli.com per kuartal dua 2019, angka yang menunjukkan kenaikan sebesar 2 kali lipat dibanding periode yang sama di tahun 2018.

Para UMKM ini menghadirkan sekitar 10.000 SKU produk, jumlah yang juga naik 200% dibanding periode yang sama tahun lalu. Mayoritas UMKM Yogyakarta yang tergabung di platform kami terdiri dari pengrajin kain tenun, batik, fashion moda, serta rumah & dekorasi (kriya).

 


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 1.4163 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 1.5418

Close [X]
×