kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sampoerna Retail Community (SRC) Luncurkan Aplikasi “Ayo SRC” dan “Pojok Lokal”


Rabu, 12 Juni 2019 / 14:54 WIB
Sampoerna Retail Community (SRC) Luncurkan Aplikasi “Ayo SRC” dan “Pojok Lokal”

Reporter: Sponsored | Editor: Indah Sulistyorini

SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY Kini Jadi Motor Penggerak Ekonomi  

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) mendukung upaya pemerintah membangun dasar ekonomi kerakyatan melalui program pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) sektor retail, Sampoerna Retail Community (SRC). Sejak terbentuk pada tahun 2008, kini jaringan SRC sudah mencapai lebih dari 105.000 toko kelontong yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan,  UKM sektor retail merupakan salah satu motor penggerak ekonomi terbesar.  Karena itu, upaya yang dilakukan pemerintah maupun swasta dalam hal ini PT HM Sampoerna Tbk., melalui pembinaan SRC adalah salah satu upaya penting bagi Indonesia. 

Saat ini, tantangan terbesar bagi UKM untuk berkembang adalah persaingan bisnis, perluasan akses pasar, dan perkembangan teknologi yang kian pesat.  Karena itu, agar bisa bersaing, menurut Roy N Mandey, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO),  peritel harus adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Sampoerna pun turut mendukung program pemerintah melalui pembinaan terhadap toko kelontong yang tergabung dalam SRC sebagai bagian UKM Indonesia.

“Kami berharap dapat terus mendukung SRC untuk berinovasi agar dapat terus meningkatkan daya saing usaha, sehingga mampu menggerakan roda ekonomi di Indonesia,” jelas Elvira Lianita, Direktur Urusan Eksternal Sampoerna.

Di tahun ke-11 hadir di Indonesia, SRC meluncurkan aplikasi “AYO SRC”, identitas baru, dan “Pojok Lokal”. Ketiganya merupakan upaya untuk membuka peluang kerja sama dan akses pasar tanpa batas bagi pelaku usaha retail dan pelaku UKM lokal.

Aplikasi “AYO SRC” untuk memudahkan akses para anggota SRC saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko. Melalui ini, Sampoerna ingin seluruh SRC menjadi lebih dikenal.

Peluncuran aplikasi “AYO SRC” turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang. Hal ini dilaksanakan demi merealisasikan pencapaian Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di tahun 2020.

Selain itu, perkenalan identitas baru SRC adalah wujud semangat perubahan untuk terus berkembang sebagai toko kelontong masa kini hasil binaan Sampoerna. Dengan meluncurkan identitas baru, SRC mendorong lebih banyak keikutsertaan para pelaku usaha retail lainnya dalam pengembangan potensi lokal.

Sedangkan “Pojok Lokal” adalah salah satu bentuk nyata dukungan terhadap UKM lokal. Seluruh SRC menerapkan pendekatan usaha demi mendorong ekonomi masyarakat dengan mempromosikan produk UKM lokal di daerah setempat melalui “Pojok Lokal”. SRC mengajak masyarakat sekitar untuk berbelanja di toko kelontong yang lebih dekat dari rumah mereka sebagai salah satu upaya mendorong ekonomi kerakyatan di daerah melalui slogan “Berbelanja Dekat Rumah”.

“Kami berharap keberadaan SRC di Indonesia membawa perubahan untuk mengembangkan usaha toko kelontong yang pada akhirnya membawa manfaat bagi komunitas, meningkatkan daya saing usaha, serta mampu menggerakkan roda ekonomi di daerah masing-masing,” tutup Elvira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×