kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
ADV

Tips Mudah Cek Tagihan Listrik di Mana Saja


Jumat, 29 Juni 2018 / 17:25 WIB

Tips Mudah Cek Tagihan Listrik di Mana Saja

Berapa rupiah yang Anda keluarkan setiap bulan untuk tagihan listrik? Biaya listrik biasanya menjadi salah satu pengeluaran paling besar dalam rumah tangga. Tarif Dasar Listrik (TDL) yang selalu naik ternyata bukan penyebab utama tagihan listrik tiba-tiba membengkak. Penggunaan listrik yang tidak efektif menjadi salah satu faktor lain yang membuat tagihan melonjak.

Mencegah tagihan listrik agar tidak membengkak tentu harus dilakukan dengan berbagai upaya, di antaranya melepas colokan alat elektronik yang tidak digunakan serta meminimalisir penggunaan lampu, pendingin ruangan, kulkas, dan pompa air. Selain itu, pengecekan rutin tagihan listrik juga bisa membantu Anda mengontrol penggunaan listrik.

Saat ini, mengecek tagihan listrik bukan hal yang sulit dan bisa dilakukan di mana saja melalui smartphone Anda. Berikut cara mengecek besarnya tagihan listrik Anda melalui ponsel:

 

1. Cek tagihan listrik melalui telepon dan SMS

Salah satu cara untuk cek tagihan listrik bisa Anda lakukan dengan menelepon customer service PLN di 123, lalu tanyakan biaya tagihan listrik yang harus Anda bayar. Saat mengetik nomor telepon, jangan lupa untuk mencantumkan kode area, misalnya untuk Jakarta 021 atau Bandung 022. Layanan telepon call centre PLN ini tersedia 24 jam dan dikenakan tarif normal setiap sambungan.

Selain lewat telepon, Anda bisa juga mengecek tagihan listrik melalui SMS. Untuk menggunakannya, Anda harus memilih satu di antara dua pilihan yaitu pada kurun waktu satu bulan atau berlangganan setiap bulannya.

Untuk format SMS, Anda cukup ketik REK (spasi) No ID pelanggan untuk cek tagihan listrik dalam kurun waktu satu bulan dan PLN (spasi) ON (spasi) No ID pelanggan untuk berlangganan, lalu kirim ke 8123. Setiap mendapatkan fasilitas ini, Anda dikenakan biaya Rp550 per SMS.

 

2. Cek tagihan listrik lewat aplikasi

Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari berbagai aplikasi smartphone berbasis iOS ataupun Android, salah satunya adalah mengecek tagihan listrik. Hanya tinggal membuka aplikasi dan memasukan data pelanggan, Anda sudah bisa mendapatkan nominal tagihan secara langsung. Salah satu aplikasi cek tagihan listrik PLN yang banyak digunakan adalah Traveloka.

Melalui aplikasi Traveloka, Anda bisa cek periode dan total tagihan, besaran kWh yang digunakan serta biaya denda bila ada. Setelah mengetahui jumlah tagihan listrik, Anda juga bisa langsung membayar dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia.

Menariknya, setelah input data pelanggan pada pertama kali, Anda tidak perlu lagi mengetik nomor pelanggan pada penggunaan berikutnya. Data pelanggan akan otomatis tercatat pada aplikasi sehingga akan sangat memudahkan Anda saat mengecek atau membayar tagihan listrik kembali.

 

3. Cek Melalui Website dan Email

Dalam memilih website untuk mengecek dan membayar tagihan listrik, tentunya Anda harus selektif. Tidak sedikit website yang digunakan untuk kejahatan dengan modus kebocoran informasi. Oleh karena itu, Anda harus memilih situs yang telah resmi bekerja sama dengan PLN untuk menjaga keamanan. Salah satu situs yang bisa Anda gunakan dan telah bekerja sama resmi dengan PLN adalah Traveloka.

Untuk membayar tagihan ataupun mengecek tagihan PLN Anda di website Traveloka, Anda hanya perlu buka situs Traveloka pada browser, pilih menu “Bayar Tagihan” lalu “Listrik PLN” dan dilanjutkan “Tagihan Listrik”. Kemudian, masukkan ID pelanggan dan nomor meter pada kolom yang tersedia dan tekan “Beli Sekarang”. Nantinya, akan muncul angka tagihan listrik PLN yang harus Anda bayar.

Selain lewat Traveloka, Anda juga bisa mengetahui tagihan listrik Anda melalui email dari website resmi PLN. Cukup daftar pada laman resmi PLN, selanjutnya setiap bulan Anda akan mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik PLN.

 

Itulah beberapa tips untuk mengecek tagihan listrik dengan mudah kapan pun dan dimana pun Anda berada. Anda pun tak perlu lagi repot-repot datang langsung ke Kantor Cabang PLN untuk mengetahui tagihan listrik. Selain itu, dengan mudahnya mengecek tagihan listrik Anda juga bisa mengukur dan membatasi penggunaan listrik untuk meminimalisir tagihan yang membengkak. Jadi lebih mudah, bukan?


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0012 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.1237

Close [X]
×