kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.175
  • EMAS709.000 -0,56%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%
ADV

TKB90 Mekar Masih 100% di Tengah Kenaikan NPL Industri Pinjaman P2P

Jumat, 17 Mei 2019 / 12:17 WIB

TKB90 Mekar Masih 100% di Tengah Kenaikan NPL Industri Pinjaman P2P
ILUSTRASI.

Angka pinjaman bermasalah (Non-performing loans atau NPL) industri fintech lending terus naik. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di bulan Februari 2019, rasio NPL perusahaan-perusahaan fintech lending (termasuk di dalamnya penyedia payday loans) mencapai 3,18%, jauh lebih tinggi dibandingkan rasio NPL sektor ini di bulan Desember 2018 dan Januari 2019 lalu.

Kenaikan rasio NPL di sektor ini menjadi pertanda bahwa semakin banyak pinjaman yang terlambat atau gagal dibayarkan oleh peminjam. Ini juga berarti investor harus lebih berhati-hati dalam memilih platform pinjaman P2P agar mereka bisa meminimalisir risiko kehilangan uang.

Kabar baiknya, di salah satu platform fintech lending Indonesia yaitu MEKAR, tingkat kesuksesan pembayaran kembali kepada investor/pemberi pinjaman masih dapat dijaga di angka 100%. Ini artinya sejak platform Mekar.id milik pengusaha Putera Sampoerna ini diluncurkan pada Januari 2017, 100% pemberi pinjaman (atau “Funder”) selalu menerima pembayaran cicilan pinjaman yang mereka danai setelah pinjaman jatuh tempo. MEKAR adalah platform fintech lending yang melayani pendanaan pinjaman usaha untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia.

TKB90

Tingkat kesuksesan MEKAR dalam membayarkan kembali dana Funder MEKAR juga tecermin pada angka TKB90 yaitu sebesar 100%. TKB90 adalah tingkat keberhasilan pengembalian pada hari ke-90. Pada awal April lalu, OJK mewajibkan seluruh penyelenggara layanan P2P lending untuk menampilkan angka TKB90 pada halaman awal website atau aplikasi mobile penyelenggara.

Kewajiban tersebut bertujuan untuk meningkatkan transparansi platform pinjaman P2P di Indonesia sekaligus membantu calon Funder untuk mengetahui tingkat risiko penempatan dananya.

Chief Operating Officer MEKAR, Pandu Aditya Kristy, mengatakan bahwa MEKAR mampu menjaga TKB90 di angka 100% berkat strategi mitigasi risiko yang solid. “Keamanan dana Funder selalu menjadi salah satu prioritas utama kami, karena itulah kami membuat sistem mitigasi risiko yang benar-benar solid agar kami bisa meminimalisir risiko bagi seluruh Funder di MEKAR,” tambahnya.

Proteksi Berlapis

Langkah mitigasi pertama yang dilakukan MEKAR yaitu dengan memastikan bahwa seluruh pinjaman yang bisa didanai melalui platform Mekar.id adalah pinjaman produktif untuk usaha. Ini berarti dana yang dipinjamkan akan digunakan untuk menghasilkan uang lagi, sehingga peminjam memiliki peluang lebih besar untuk dapat mengembalikan pinjaman mereka.

Selain itu, MEKAR juga melakukan seleksi ketat terhadap peminjam dengan melihat histori kredit mereka, dan terhadap lembaga-lembaga keuangan yang menjadi mitra MEKAR dalam mencari peminjam dan menyalurkan pinjaman serta melakukan penagihan. Mitra-mitra MEKAR tersebut disebut sebagai Mitra Penyalur Pinjaman atau Lending Partners dan MEKAR hanya memilih lembaga-lembaga yang sehat secara finansial serta telah memiliki portofolio yang cukup besar.

MEKAR juga telah menyiapkan langkah perlindungan atas dana Funder yaitu dengan mewajibkan semua mitranya untuk memberikan jaminan proteksi 100% atas nilai pokok pendanaan yang dikucurkan oleh Funder. “Semua mitra MEKAR memberikan komitmen bahwa misalnya saja terjadi kasus langka di mana peminjam mengalami kegagalan bayar, maka mereka akan tetap membayarkan kembali dana pokok Funder,” kata Pandu.

Mulai April 2019, MEKAR juga memiliki fasilitas asuransi kredit yang memberikan perlindungan bagi Funder saat mereka mendanai pinjaman-pinjaman tertentu via platform MEKAR. Asuransi kredit di MEKAR melindungi hingga 80% dari nilai pendanaan Funder. Hingga saat ini, MEKAR tidak mengenakan tambahan biaya untuk fasilitas kredit tersebut.

Pendanaan untuk pelaku UMKM

Layanan pinjaman P2P yang dijalankan MEKAR telah mampu meningkatkan akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM di banyak daerah di Indonesia, mulai dari pulau Sumatera hingga ke provinsi Nusa Tenggara Barat di timur Indonesia. Hingga Mei 2019, MEKAR sudah memfasilitasi pendanaan lebih dari 53.000 pinjaman untuk pelaku UMKM.

Jika Anda tertarik untuk menjadi Funder/pemberi pinjaman pada platform pinjaman P2P, pilihlah platform yang sesuai dengan profil risiko Anda. Untuk melakukan pendanaan terproteksi sambil berkontribusi mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia dengan pendanaan Anda, kunjungi https://mekar.id.

 


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0513 || diagnostic_web = 0.2377

Close [X]
×