kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
ADV

Wanginya Potensi Bisnis Produk Kesehatan dan Kecantikan Organik


Selasa, 10 September 2019 / 21:25 WIB

Wanginya Potensi Bisnis Produk Kesehatan dan Kecantikan Organik

Memproduksi barang berbasis organik memiliki pasar tersendiri di Indonesia yang terus berkembang dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat. Tak hanya makanan saja, tapi juga sudah merambah industri Kesehatan dan Kecantikan (KKE).

Sabun, sampo dan kondisioner, body butter, hingga scrub berbahan dasar organik merupakan beberapa produk yang telah banyak diminati masyarakat Indonesia. Tak heran banyak yang mulai melirik potensi ini dan menciptakan produk-produk handmade untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Salah satunya adalah Twigsberry & Dill yang didirikan oleh Dilly Kanwar. Memulai usahanya sejak 2,5 tahun yang lalu, Twigsberry & Dill telah membuat lebih dari 10 produk seperti sabun, bathbombs, body butter, scented candles, air freshner pewangi mobil hingga yang terbaru adalah solid conditioner bar.  

"Awal tertarik terjun ke bidang ini karena melihat video di Facebook, ada sabun dengan warna yang colourful. Hal itu merupakan sesautu yang unik dan berpeluang karena belum ada yang jual saat ini. Waktu itu suami juga pernah membeli sabunnya dan ternyata memang bagus. Jadinya semakin penasaran bagaimana sabun bisa harum sekali, aromanya tahan lama, bisa bikin tenang," jelasnya.

Akhirnya dirinya pun mulai mencari tahu cara membuat sabun dan mencari bahan baku. Tak hanya berbekal YouTube dan Google, Dilly juga mengikuti pendidikan profesional untuk memperdalam pengetahuan dan teknik pembuatannya. Teknik tersebut dikombinasikan dengan penggunaan bahan material dari lokal maupun impor yang berkualitas sehingga menghasilkan produk yang berkualitas pula.

"Kami menekankan pada kualitas produk dan kearifan lokal. Contohnya menggunakan bahan-bahan alami seperti coconut oil yang bagus untuk kulit serta olive oil untuk sambut dan kulit," tuturnya. Dirinya pun percaya bahwa kualitas lokal produk tidak kalah dengan produk luar negeri. 

Produknya Twigsberry & Dill pun diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Sabun merupakan salah satu produk favoritnya yang memiliki berbagai pilihan wangi dengan beragam manfaat seperti perlindungan terhadap bakteri serta menjaga kelembaban dan kehalusan. Harganya terbilang bersaing dengan produk sejenis, yaitu di kisaran Rp 55 ribu hingga Rp 65 ribu dengan ketahanan antara 2-3 minggu.

Kelebihan Twigsberry & Dill lainnya adalah kreativitas. Dilly sendiri tak berhenti untuk terus mencari inspirasi, berkolaborasi dengan profesional lainnya, membuat bentuk-bentuk unik seperti sabun berbentuk unicorn yang cocok untuk anak-anak, hingga membuat logo hingga pengemasan yang bagus. Harapannya tentu produknya dapat semakin diterima publik dan terus meningkatkan penjualan.

Memang masih ada tantangan yang harus dihadapi seperti pengetahuan masyarakat tentang produk ini. Oleh karena itu dirinya pun selalu mengedukasi masyarakat. Salah satu caranya adalah melalui sosial media yang juga menjadi salah satu saluran penjualannya. Namun tentu tantangan tersebut tak menghentikan langkah Dilly untuk terus mengembangkan bisnisnya di tengah permintaan masyarakat akan produk organik yang terus meningkat.


Reporter: Sponsored
Editor: indah sulistyorini

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0006 || diagnostic_web = 0.1368

Close [X]
×